Skip to main content

Skripsi Part 2

Hai sobat, kembali dengan saya mengenai skripsi. Di postingan ini saya akan mengulas sedikit tentang pengalamanku. Di awal postingan saya sudah sedikit diterangkan apa itu skripsi? Berikut pengalamanku tentang skripsi sewaktu kuliah dulu.

Saat kuliah dulu, yang ditakutkan sebagian mahasiswa yaitu mengenai skripsi. Sebenarnya siapa atau apa sih skripsi itu kog sampai ditakutkan segala. Skripsi menurut saya ujian paling akhir sebelum kita diwisuda atau ujian penentu apakah kita lulus atau tidak wow.. serem juga ya kalo sampai tidak lulus, sudah kuliah bayar mahal, tidak lulus pula, kasihan.. :(
Syarat untuk mengambil Skripsi yaitu selesai mata kuliah minimal kurang 1 mata kuliah dan selesai PKL. Gelombang pertama telah ditentukan tanggal untuk mengambil skripsi, dan kebetulan PKL saya molor akhirnya saya mengambil skripsi pada gelombang kedua. Teman seangkatan saya yang masuk pagi mengikuti skripsi pada gelombang pertama, sedihnya.. 
Tibalah saatnya bagi saya untuk mengikuti skripsi, setelah menyelesaikan PKL. Tanggal sidang telah ditentukan dan semua syarat telah saya penuhi. Pada waktu itu untuk sidang proposal atau pengajuan judul jatuh pada hari jumat malam. Beberapa minggu sebelumya saya sudah memikirkan apa judul yang pas buat saya dan dapat diterima. Akhirnya dapatlah dua judul yang saya ajukan, untuk judul pertama "Sistem Informasi Manajemen Inventory Obat-Obatan Instalasi Farmasi di Rumah Sakit William Booth", judul kedua berjudul, "Aplikasi Pembelajaran Membaca dan Menghitung Untuk BALITA". Untuk judul pertama saya sengaja ambil dari tempat PKL karena itu pasti ditolak, dan saya berharap untuk judul kedua dapat diterima. Tetapi pada waktu presentasi, dosen mengatakan kepada saya, "Untuk judul pertama sudah terlalu sering, dan judul kedua sudah ada yang ambil waktu gelombang pertama". Intinya semua judul yang saya ajukan ditolak semua, haduuhh, rasanya sudah jatuh ketiban tangga pula. Akhirnya di malam itu saya hanya melihat teman saya yang presentasi saja, alis angoppp hoooamamss. Akhir presentasi, dosen bilang kalo yang masih ingin ikut skripsi harus menyerahkan judul skripsi paling lambat hari senin. Lumayanlah masih ada kesempatan buat cari judul, daripada tidak ikut skripsi.

Selama tiga hari saya bingung mencari judul yang pas, dan dapat diterima, dan tentunya tidak terlalu sulit saat pembuat program nanti. Akhirnya saya dapat judul yang tidak jauh berbeda dengan judul kedua saya, yaitu "Aplikasi Pembelajaran Gitar Akustik Untuk Pemula Berbantuan Komputer".
Saat saya mengajukan judul tersebut, dosen sedikit kurang setuju dan akhirnya dengan terpaksa judul saya diterma, asyyiikkk ... dan saat itu pula saat berbicara kepada dosen wali, yang sekaligus wali angkatan tahun 2008. Saya mengatakan kalau bisa tolong nanti dosen pembimbing saya, bapak sendiri atau dosen yang satunya. Tetapi dosen wali saya bilang itu tidak bisa harus tergantung judulnya, yach sudahlah, Keluar dengan muka senang campur bingung ahahah ....

Hari rabu, tiba saatnya pengambil judul yang telah dikumpulkan dan sekaligus dapat mengetahui siapa dosen pembimbingnya masing-masing. Setelah saya mengambil dan saya lihat dosen pembimbing saya, ternyata...? Serasa lemas dan tidak ingin mengikuti skripsi. Dosen pembimbing yang satu ini sudah terkenal dari dulu kalo dibuat ketemuan susah dan mbulet yang ada ahahah. Tetapi apa boleh buat, karena sudah dapat dosen pembimbing dan saya harus menyelesaikan tahun itu juga kalau tidak saya bisa mundur tahun berikutnya. Tidak seperti kampus lain, kalau saya dengar, untuk sidang akhir di kampus lain berkelompok sedang di kampus yang saya jalani untuk sidang akhir sendiri-sendiri., yach syukuri saja bisa kuliah.
Hari pertama bimbingan mudah ditemui, dan hari itu hanya sebentar saja, dan saya hanya disuruh menerangkan maksud dari skripsi yang saya buat. Setelah saya menerangkan, dosen sedikit bingung akhirnya saya bersikeras dengan pendapat saya dan dosenpun menyetujui pendapat saya dan akhirnya disuruh melanjutkan. Keluar dengan sedikit lega :D
Bimbingan berikutnya saya ketemu dengan dosen seperti biasa dosen mengoreksi kerjaan awal skripsi, yaitu bab pertama. Dibab ini ada beberapa yang direvisi. Untuk selanjutnya tiap kali saya bimbingan dosen tidak ada dan sulit ditemui. Tetapi saya tetap melanjutkan ke bab berikutnya walaupun bab sebelumnya belum saya serahkan ke dosen pembimbing. Dan hal itu berlanjut lama, pada saat saya datang ke kampus dosen tidak ada dan pada saat saya tidak datang ke kampus dosen ada, haduhhh kog kayak main petak umpet ahahaha . . . 
Tibalah saatnya untuk maju ke sidang kedua. Pada hari senin kelompok pertama yang maju, dan saya mendapat sidang kedua pada hari selasa. Hari senin terpaksa saya menunggu dosen pembimbing saya yang pada saat itu sedang menguji kelompok pertama. Akhirnya sekitar jam 10.30 malam saya menemui dosen pembimbing saya untuk mendapat acc supaya bisa ikut sidang pada esok harinya. Walapun kena marah ya akhirnya di acc juga skripsi saya dari bab 1-3. Esok hari telah tiba dan saatnya saya maju untuk sidang kedua, jantung saya merasa debar-debar karena baru pertama kali. Disitu saya dihadapkan dengan tiga dosen penguji termasuk dosen pembimbing saya. Saat mulai tanya jawab, kebanyakan saya hanya menjawab iya, iya, dan iya ahahaha... maklum, harus nurut biar lancar eheheh.. dan dosen pembimbing saya hanya membantu sedikit dari pertanyaan dosen lain yang sekiranya tidak bisa saya jawab. Sidang kedua selesai, dan lega sudah rasanya. Tetapi hal itu belum selesai karena saya harus melanjutkan skripsi dari bab 4-5 beserta programnya haduhhh.. tambah pusing aja. Bab 1-3 saat sidang kedua saya mendapat beberapa revisi dari dosen lain dan juga dosen pembimbing saya. 
Pikiran terasa lega sejenak, karena sidang akhir baru dimulai sehabis puasa, dan hal itu menguntungkan bagi saya karena waktu yang diberikan cukup lama untuk menyelesaikan semua. Bab 1-5 sudah terselesaikan walapun hanya maju 2-3 kali bimbingan, yang seharusnya dapat maju 10 kali bimbingan. Ya begitulah dosen yang satu ini sulit ditemui. Pernah saya menunggu sampai jam 11 malam ternyata dosen hanya menjawab, "besok saja ya", dalam hatiku berkata, "haduh, malas sudah rasanya mau ketemu lagi". Tetapi keesokan harinya karena sudah janjian sama dosen dan dosen yang membuat janji sendiri, dan akhirnya saya yang dipanggil dosen pembimbing bukan saya yang cari dosen pembimbing ehehehe... dan teman saya yang sudah menunggu untuk bimbingan akhirnya di tolak semua kalau mau ya harus menunggu dosen selesai mengajar. Untuk hari itu beruntungnya saya ahahahah . . . 
Tetapi keberuntungan saya hanya sampai disitu, untuk selanjutnya sulit lagi untuk ditemui. Sebelum maju sidang akhir harus sudah menunjukan skripsi dari bab 1-5 beserta program untuk demo program. Dalam hal menyelesaikan program saya mengalam kesulitan, kurang dari 1 minggu program tersebut harus sudah selesai. Tetapi program saya baru sampai 20%, haduuhh pusing lagi nch minta bantuan kepada siapa lagi yach, minta tolong teman belum ada jawaban, akhirnya saya ingat ada teman kampus dan saya hubungi dia, tetapi dia ga berjanji bisa soalnya sudah lama tidak pegang bahasa pemrograman yang saya pakai, yaitu VB (visual basic). apa boleh buat, kalau belum dicoba ya belum bisa. Setelah ketemu saya ajak ke kantor saat jam kerja karena tidak terlalu sibug, akhirnya sedikit demi sedikit program saya jadi walaupun baru sampai 50% dan setiap malam dan di kantor saya kerjakan dengan bantuan eyang google akhirnya skripsi saya jadi sekitar 65% saja huft.. lega rasanya. Tetapi skripsi tersebut belum saya demokan ke dosen pembimbing sebelum maju sidang akhir kenapa harus di demokan? Ya biar dosen pembimbing tahu sudah sampai mana programnya dan kesulitan apa saja yang dihadapi supaya waktu sidang dosen pembimbing dapat menolong. Ada satu teman sidang saya yang sama dosen pembimbingnya dengan saya. Saya kira dia yang lebih diperhatikan dosen pembimbing saya, kenapa? Karena pernah dia bercerita kepada saya, kalau dia pernah dihubungi dosen pembimbing untuk datang ke rumahnya untuk membahas skripsinya dan juga programnya. Saya berkata dalam hati, "Enaknya, diperhatikan bimbingan lancar".
Tibalah sidang akhir. Seperti sidang sebelumnya kelompok saya mendapat hari kedua untuk sidang akhir, yaitu hari selasa. Rasanya seperti dejavu, seperti sidang kedua. Sidang akhir inipun saya harus minta acc skripsi rangkap tiga sebelum dikumpulkan, dan saya harus menunggu lagi pada hari senin setelah dosen pembimbing saya selesai menguji kelompok pertama. Lagi-lagi saya kena marah, belum demo program, jarang bimbingan sudah hari H minta acc. Yach, saya terima saja omelan dosen pembimbing saya :D
Hari selasa, hari itu merupakan hari sibug saya sudah kerja, belum persiapan, pulang kerja harus siap-siap menghadapi ujian terakhir haduh.. bingung sendiri dch jadinya. Sesampainya di kampus ternyata hanya saya sendiri yang baru hadir, teman saya pada belum datang semua wah... tambah bikin saya takut saja nch.. jam demi jam telah terlewati, akhirnya jam 6.30 malam saya dipanggil, tetapi teman saya belum datang, saya pikir hanya saya saja yang maju pada hari itu. yach sudahlah, siap tidak siap maju saja.
Seperti biasa sebelum dimulai dosen memulai terlebih dahulu dan memberikan saya waktu untuk berdoa. Akhirnya presentasipun dimulai. Slide demi slide saya presentasikan sambil melirik dosen tetapi dosen pun tidak melihat apa yang saya presentasikan mereka hanya fokus melihat skripsi yang saya buat untuk dikoreksi. Setelah presentasi selesai tibalah saatnya untuk tanya jawab. Benar yang saya takutkan ternyata jadi pertanyaan, "Kenapa programnya tidak dibuat dalam bentuk web". Yach.. dengan santai saya menjawab, kalau selama ini yang diajarkan dikampus tentang program web hanya 1 semester saja dan saya tidak terlalu menguasai pemrograman web, jadi daripada menambah beban saya maka saya putuskan untuk membuat program dengan bahasa pemrograman yang saya bisa dan saya membuat program dalam bentuk dekstop dalam pembuatan program bisa dikatakan 80% adalah buatan sendiri dan sisanya adalah minta bantuan kepada teman, tanpa beli program. Ternyata banyak teman saya yang membeli program, tapi tidak buat saya. Dan jawaban saya pun tetap masih disanggah, tetapi tiba-tiba dosen pembimbing saya menjelaskan apa maksud dari dosen tadi. Jawaban saya hanya iya, iya dan iya aahahaha... Setelah itu selesailah waktu tanya jawab. Kemudian saya disuruh keluar selama 5 menit, sedangkan para dosen sedang memutuskan apakah saya harus lulus atau tidak lulus atau harus mengikuti sidang ulang. Lima menit berlalu, dan dosen penguji mengatakan kepada saya kalau saya dinyatakan lulus, dalam hatiku bercampur aduk antara senang dan bimbang karena mendapat satu pesan kalau saya lulus dengan catatan harus segera diselesaikan programnya dan segera didemokan lagi. "Siap boss.." dalam hatiku berkata ahahah.
Setelah keluar ternyata teman saya sudah menunggu di luar, dan sekarang giliran dia ahahah.. Lega sudah, sidang akhirpun sudah terlewati :D Upsss, itu belum akhir dari segalanya, karena saya harus segera menyelesaikan program dan juga banyak yang harus direvisi. Saya mulai dari ketikan saya yang harus direvisi, satu per satu saya menghadap kepada para dosen penguji, kebetulan dosen penguji ada 3. Selasai dengan dosen yang satu dan di acc, kemudian saya pindah ke dosen satu lagi untuk mendapat acc dan yang terakhir ke dosen pembimbing setelah mendapat acc semua dari kedua dosen penguji. Lagi-lagi dan lagi dosen pembimbing saya sulit ditemui haduuhh.. gimana mau selesai, akhirnya ketemu juga dengan dosen pembimbing saya. Saya bawa semua dari bab 1-5. Beberapa saat setelah dilihat dan dikoreksi, ternyata ada satu masalah yaitu bab 3. Yang dimana kedua dosen penguji tidak mempermasalahkan tetapi itu menjadi masalah pada dosen pembimbing saya, tiga kali pertemuan belum juga selesai, akhirnya dosen menggambarkan apa yang dimau, nach di situ saya harus merivisi sesuai dengan keinginan dosen, biar cepet selesai mau ga mau harus dituruti eheheheh... Setelah selesai saya ajukan ke dosen pembimbing saya untuk dikoreksi dan hasilnya ok, tetapi dosen berkata, "kog tipis, coba kamu tambahkan pada bab 2 tentang landasan teori". Haduh.. sedikit-sedikit revisi, revisi kog sedikit-sedikit... Akhirnya terpaksa saya tanya tambahkan landasan teori dan juga dari halaman cover sampai halaman penutup tidak lupa source code program ikut saya sertakan, tetapi hanya 50% saja source code program yang saya sertakan. Karena kalau semua bisa menghabiskan 1 rim kertas hvs. Setelah semua selesai sebelum saya rangkap tiga, saya ajukan lagi ke dosen pembimbing, dan dia merasa senang karena skripsi saya sudah tebal ahahahah.... nich yang dinilai isinya atau ketebalan skripsi sih hufft... setelah mendapat acc dan tidak ada lagi yang direvisi baru saya rangkap tiga dan kemudian saya cetak dengan hard cover.  Upsss, ada yang lupa, ternyata teman saya yang diperhatikan sama dosen pembimbing saya harus mengikuti sidang lagi, wooowww beruntungnya saya, yang selalu kena marah tetapi langsung dinyatakan lulus hihihi.... akhirnya lulus juga dia. Dan pada akhirnya selesai juga semuanya,  Assyyeeekkk.....

Upss, saatnya menunggu wisuda ahahahah.... lega banget dch rasanya. Bye...



Comments

  1. Daftar Agen Judi Poker Online Terpercaya Di Indonesia Sekarang Juga...
    Tingkat kemenangan 80% Ayo Buruan Tunggu Apa Lagi Daftarkan Diri anda sekarang juga...
    SboQQ
    SboQQ
    SboQQ
    SboQQ
    SinarQQ
    CentralQQ
    IbcQQ

    ReplyDelete
  2. mantap bro pengalamannya, membuat gua semangat lagi, btw gua jg lg berjuangan di2017 ini untuk mendapatkan gelar s.kom,,

    ReplyDelete
  3. Mantab gan... Silahkan kunjungi Skripsi Sammy ya. Thanks,...

    ReplyDelete
  4. Situs agen Poker Online yg terpercaya dan persentase kemenangan yg Tinggi
    Klik disini!
    Situs agen Poker Online yg terpercaya dan persentase kemenangan yg Tinggi
    Klik disini!
    Situs agen Poker Online yg terpercaya dan persentase kemenangan yg Tinggi
    Klik disini!
    Situs agen Poker Online yg terpercaya dan persentase kemenangan yg Tinggi
    Klik disini!
    Situs agen Poker Online yg terpercaya dan persentase kemenangan yg Tinggi
    Klik disini!
    Situs agen Poker Online yg terpercaya dan persentase kemenangan yg Tinggi
    Klik disini!
    Situs agen Poker Online yg terpercaya dan persentase kemenangan yg Tinggi
    Klik disini!
    Situs agen Poker Online yg terpercaya dan persentase kemenangan yg Tinggi
    Klik disini!
    Situs agen Poker Online yg terpercaya dan persentase kemenangan yg Tinggi
    Klik disini!
    Situs agen Poker Online yg terpercaya dan persentase kemenangan yg Tinggi
    Klik disini!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pembelajaran Berbasis Komputer

Pembelajaran berbasis komputer merupakan pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan software komputer (CD pembelajaran) berupa program komputer yang berisi tentang muatan pembelajaran meliputi: judul, tujuan materi pemeblajaran dan evaluasi pembelajaran. Hal tersebut sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Robert Heinich, Molenda dan James D. Russesl (1985:226) yang menyatakan bahwa: " computer system can delivery instruction by allowing them to interact with the lesson programmed into the system: this is referred to computer based intruction". Sistem komputer dapat menyampaikan pembelajaran secara individual dan langsung kepada para siswa dengan cara berinteraksi denga mata pelajaran yang diprogramkan ke dalam sistem komputer, inilah yang disebut dengan pembelajaran berbasis komputer. Melalui sistem komputer kegiatan pembelajaran dilakukan secara tuntas ( mastery learning), maka guru dapat melatih siswa secar

Pembelajaran Berbasis WEB

Konsep Pembelajaran Berbasis WEB Pembelajaran berbasis web merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs ( website) yang bisa diakses melalui jaringan internet. Pembelajaran berbasis web atau yang dikenal juga dengan "web based learning" merupakan salah satu jenis penerapan dari pembelajaran elektronik (e-learning). Himpunan Masyarakat Amerika untuk Kegiatan Pelatihan dan Pengembangan ( The American Society for training and Development/ ASTD) (2009), mengemukakan definisi e-learning sebagai berikut : "E-learning is a broad set of applications and processes which include web-based-learning, computer-based-learning, virtual and digital classrooms. Much of this delivered via the internet, intranets, audio and videotape, satellite broadcast, interactive TV, and CD-ROM. The definition of e-learning varies depending on the organization and how it is used but basically it is involves electronic means communication, education, and training"