Skip to main content

Langkah Langkah Memperbaiki Komputer

Artikel ini saya buat karena beberapa hari yang lalu teman saya meminta untuk memberikan cara atau langkah-langkah dalam memperbaiki komputer mulai dari matot (alias mati Total ) sampai menyala.

Meskipun artikel ini sudah banyak yang posting, tapi tak apalah saya buat artikel ini menurut pendapat saya serta pengalaman saya sendiri dalam menangani masalah komputer.

Sebagai contoh temannya saya mempunyai komputer PC yang tiba2 tidak mau menyala monitor tidak apa-apa dan sudah dicek atau diperbaiki oleh temannya tetapi tidak mau menyala. Akhirnya dia minta tolong ke saya untuk memperbaikinya, ya saya ambil tuch komputer dan saya cek dan akhirnya komputer tersebut menyala sampai sekarang. 
Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
  1. Cek kabel setrum Power Supply
  2. Cek Power Supply dengan cara lepaskan semua kabel power supply yang terhubung dengan Mobo (motherboard)
  3. Hubungkan kabel warna hijau dengan kabel hitam yang terdapat pada konektor 20/24 pin. Jika kipas di dalam power supply menyala itu menandakan power supply masih bisa dipakai. (kipas nyala belum tentu setrum normal/ power supply dalam keadaan baik)
  4. Lepaskan mobo dari casingnya, dan bersihkan slot-slot yang terdapat pada mobo, lepaskan juga prosesornya dan bersihkan. Bisa direndam dengan air ditergen dengan banyak busa dan jemur diterik matahari sampai benar-benar kering (pengalaman pribadi). Selain itu saya juga membersihkan debu dengan menggunakan solder uap, yang dimana solder tersebut mengeluarkan angin panas yang bisa diatur temperaturnya.
  5. Bersihkan memory dengan penghapus pada bagian tembaganya/ pinggiran yang berwarna keemasan.
  6. Pasang kembali mobo beserta perangkat lainnya(memory, prosesor, VGA bila memakai VGA PCI-e /AGP/PCI)
  7. Pasang kabel power supply ke mobo seperti semula(sebelum dibongkar) pastikan bahwa power supply tidak rusak.
  8. Silahkan dicoba. Untuk pengalaman pribadi saya, berhasil.
  9. Apabila point 1-8 sudah dicoba dan masih tidak bisa, Anda sudah tahu jawabannya.
Sekian artikel yang bisa saya bagikan ke para pembaca. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Semoga bermanfaat!!

Comments

Popular posts from this blog

Pembelajaran Berbasis Komputer

Pembelajaran berbasis komputer merupakan pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan software komputer (CD pembelajaran) berupa program komputer yang berisi tentang muatan pembelajaran meliputi: judul, tujuan materi pemeblajaran dan evaluasi pembelajaran. Hal tersebut sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Robert Heinich, Molenda dan James D. Russesl (1985:226) yang menyatakan bahwa: " computer system can delivery instruction by allowing them to interact with the lesson programmed into the system: this is referred to computer based intruction". Sistem komputer dapat menyampaikan pembelajaran secara individual dan langsung kepada para siswa dengan cara berinteraksi denga mata pelajaran yang diprogramkan ke dalam sistem komputer, inilah yang disebut dengan pembelajaran berbasis komputer. Melalui sistem komputer kegiatan pembelajaran dilakukan secara tuntas ( mastery learning), maka guru dapat melatih siswa secar

Pembelajaran Berbasis WEB

Konsep Pembelajaran Berbasis WEB Pembelajaran berbasis web merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs ( website) yang bisa diakses melalui jaringan internet. Pembelajaran berbasis web atau yang dikenal juga dengan "web based learning" merupakan salah satu jenis penerapan dari pembelajaran elektronik (e-learning). Himpunan Masyarakat Amerika untuk Kegiatan Pelatihan dan Pengembangan ( The American Society for training and Development/ ASTD) (2009), mengemukakan definisi e-learning sebagai berikut : "E-learning is a broad set of applications and processes which include web-based-learning, computer-based-learning, virtual and digital classrooms. Much of this delivered via the internet, intranets, audio and videotape, satellite broadcast, interactive TV, and CD-ROM. The definition of e-learning varies depending on the organization and how it is used but basically it is involves electronic means communication, education, and training"

Skripsi Part 2

Hai sobat, kembali dengan saya mengenai skripsi. Di postingan ini saya akan mengulas sedikit tentang pengalamanku. Di awal postingan saya sudah sedikit diterangkan apa itu skripsi? Berikut pengalamanku tentang skripsi sewaktu kuliah dulu. Saat kuliah dulu, yang ditakutkan sebagian mahasiswa yaitu mengenai skripsi. Sebenarnya siapa atau apa sih skripsi itu kog sampai ditakutkan segala. Skripsi menurut saya ujian paling akhir sebelum kita diwisuda atau ujian penentu apakah kita lulus atau tidak wow.. serem juga ya kalo sampai tidak lulus, sudah kuliah bayar mahal, tidak lulus pula, kasihan.. :( Syarat untuk mengambil Skripsi yaitu selesai mata kuliah minimal kurang 1 mata kuliah dan selesai PKL. Gelombang pertama telah ditentukan tanggal untuk mengambil skripsi, dan kebetulan PKL saya molor akhirnya saya mengambil skripsi pada gelombang kedua. Teman seangkatan saya yang masuk pagi mengikuti skripsi pada gelombang pertama, sedihnya..  Tibalah saatnya bagi saya untuk mengikuti sk